![]() |
gambar: |
“Pada masa lalu, hal tersebut selalu berhasil.” Hanya karena suatu teknik atau strategi yang pernah berhasil pada masa lalu tidak selalu berarti itu akan berhasil pada masa depan. Yang tetap dalam dunia usaha adalah perubahan dan perubahan biasanya muncul saat Anda tidak menduganya. Aturan dapat berubah. Saat itu terjadi, Anda dapat saja siap jika Anda telah melatih teknik dan strategi yang baru.
Pengaruh hasil. Saat belajar bagaimana menggunakan alat dan teknik baru, lakukanlah pada masalah yang hanya memiliki sedikit dampat di tempat kerja Anda. Mulailah dengan keputusan yang kecil – data organisasi, tugas parker, darmawisata – sebelum melakukan keputusan yang besar seperti penataan ulang organisasi, mengubah aturan personalia atau mengubah strategi pemasaran. Dengan begitu, Anda dapat dengan sempurna mengadaptasi teknik dan alat berpikir yang baru Anda temukan.
Paradigma. Kenalilah paradigma Anda! Beberapa paradigma lebih dapat menerima penggunaan teknik dan alat baru dibandingkan yang lain. Anda mungkin harus membuktikan kepada orang lain bahwa suatu alat berpikir yang baru itu berguna untuk hal-hal kecil sebelum Anda melangkah ke hal yang lebih besar. Kemudian Anda dapat mendorong orang lain untuk menggunakan alat berpikir yang kuat.
Jim Wheeler
The
Power of Innovative Thingking:
Mengoptimalkan
Ide-ide Baru dan Kreativitas
Untuk
Memperlancar Kesuksesan
PT.
Elex Media Komputindo
Jakarta, 2004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar