Rabu, 19 November 2014

Persahabatan menurut J. Donald Walters

gambar:en.wikipedia.org
1. Pilihlah sahabat-sahabat yang tulus pada Anda, bukan sahabat yang hanya membuat Anda merasa penting. Jika jaket Anda menggelembung tertiup angina, Anda tampak menjadi lebih gemuk, tetapi tidak akan menghangatkan tubuh Anda.

2. Pahamilah bahwa Anda harus menjadi seorang sahabat bagi yang lain. Sebab, persahabatan bagaimana sbuah cawan perak: akan menjadi kusam bilamana Anda tidak merawatnya, berkilau bila Anda menggosoknya, dan cemerlang lebih terang jika Anda menyinarinya dengan cahaya.

3. Berikanlah kebebasan kepada sahabat-sahabat Anda untuk menjadi diri mereka sendiri. Pilihlah sahabat-sahabat yang juga akan memberikan kepada Anda kebebasan yang sama. Bukankah hidup menjadi lebih menarik karena perbedaan-perbedaannya? Burung kenari tidak dapat terbang secepat burung wallet, tetapi burung kenari berkicau dengan sangat indah. Burung wallet, kendati dapat terbang dengan cepat, tidak dapat berkicau sama sekali.

4. Perluaslah kebahagiaan Anda dengan membagikannya kepada orang lain. Semakin besar bentangan pelangi, semakin jelas binarnya.

5. Lebih banyaklah mendengarkan, lebih sedikitlah bicara. Biarkan sahabat-sahabat Anda menceritakan kepada Anda bagaimana perasaan mereka tentang segala hal. Siapa suka anjing yang tidak bisa apa-apa kecuali menggonggong?

J. Donald Walters
Rahasia Kecil Persahabatan
Yogyakarta: Kanisius 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesedihan Orang Lanjut Usia

"K esedihan bukan hanya menyangkut kehilangan orang yang dicintai, tapi juga tentang kehilangan kemampuan. Kehilangan apa yang dulu bis...