Selasa, 25 November 2014

DALAM HIDUP TIDAK ADA KESALAHAN YANG ADA HANYA PELAJARAN

Gambar: www.chcp.edu
1. Setiap kali Anda memilih untuk mempercayai diri sendiri dan melakukan tindakan, Anda tidak pernah bisa yakin dengan pasti tentang hasilnya. Kadang-kadang Anda berhasil dengan gemilang, dan kadang-kadang Anda menjadi kecewa. Namun, meskipun begitu, eksperimen-eksperimen yang gagal tidak kalah pentingnya daripada yang akhirnya sukses; bahkan, Anda belajar lebih banyak dari yang Anda anggap “kegagalan” Anda daripada dari “sukses-sukses” Anda.

2. Memang sangat mudah mengambil kesimpulan yang mematahkan semangat, tetapi itu akan menghambat kemampuan Anda untuk maju dalam pelajaran-pelajaran hidup Anda.

3. Setiap situasi yang Anda tidak berhasil tangani sesuai harapan Anda, adalah suatu kesempatan untuk belajar sesuatu yang penting tentang pikiran dan tingkahlaku Anda sendiri. Setiap situasi di mana Anda merasa orang lain melakukan kesalahan kepada Anda, adalah kesempatan untuk belajar sesuatu tentang reaksi Anda. Baik itu suatu kesalahan yang Anda lakukan sendiri atau kesalahan yang dilakukan orang lain, suatu kesalahan hanyalah kesempatan untuk berkembang lebih lanjut pada jalan spiritual Anda.

4. Anda bisa mengendalikan kehidupan Anda dan menghadapi tantangan-tantangannya, dari pada merasa kalah, menjadi korban, atau hanyut terkatung-katung.

5. Untuk memudahkan proses belajar, pertama-tama Anda perlu menguasai pelajaran dasar dari welas asih, sikap memaafkan, etika, dan terakhir humor. Tanpa pelajaran-pelajaran mendasar ini, Anda tetap terbelenggu pada pandangan sempit Anda dan tidak mampu menuangkan kesalahan ke dalam kesempatan belajar yang berharga.

Cherie Carter-Scott, Ph. D.
Dalam:
BILA HIDUP SEBUAH PERMAINAN: INILAH ATURANNYA
(Sepuluh Aturan untuk Menghadapi Tantangan Hidup)
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Jakarta, 2004

1 komentar:

  1. Hidup adalah kesempatan untuk menebar cinta kasih kepada sesama, jangan khawatir anda tidak akan jatuh miskin atau kehilangan hidup sebaliknya anda akan merauf hidup yang lebih bermakna ,anda akan merasa lebih bahagia karena sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang paling besar manfaatnya bagi orang lain.

    BalasHapus

Kesedihan Orang Lanjut Usia

"K esedihan bukan hanya menyangkut kehilangan orang yang dicintai, tapi juga tentang kehilangan kemampuan. Kehilangan apa yang dulu bis...