Rabu, 27 Januari 2016

Ketidakterbatasan menurut Cherie Carter-Scott, Ph. D.

Gambar: www.rinagu.com
Ketidakterbatasan adalah rasa bahwa tidak ada yang membatasi apa yang bisa Anda lakukan atau Anda jadikan diri Anda. Anda mempelajarinya ketika Anda tahu bahwa evolusi tidak pernah berakhir dan potensi Anda untuk pertumbuhan mencapai ketakterhinggaan.

· Anda lahir dalam keadaan sudah tahu ketidakterbatasan Anda. Namun, ketika Anda tumbuh dan bergaul di lingkungan dunia, mungkin Anda mulai percaya bahwa ada batas-batas yang menghalangi Anda untuk mencapai tingkat spiritual, emosional, atau mental yang tertinggi. Namun, batas-batas hanya ada dalam pikiran Anda. Bila Anda mampu melampauinya, maka Anda belajar pelajaran ketidakterbatasan.

· Tidak ada batas akhir pada tingkat-tingkat yang bisa Anda capai karena Anda sudah memiliki potensi tak terbatas dalam diri Anda. Tantangan bagi Anda dalam masa hidup ini adalah untuk membuka potensi itu dengan menyingkap lapisan-lapisan penyelubung dan mengingat kebenaran inti: tidak ada yang tidak bisa Anda lakukan, atau jadi, atau punyai. Semuanya sudah dalam jangkauan Anda. Ketahuilah batas-batas Anda, bukan agar Anda menghormatinya, tetapi untuk menghancur-leburkannya dan meraih keistimewaan.

· Prestasi-prestasi tidak perlu bersifat kepahlawanan untuk menggambarkan ketidakterbatasan. Apakah berupa mendapat nilai A untuk ujian atau memasang tirai dapur sendirian, Anda bisa membuktikan kepada diri sendiri bahwa Anda bisa melakukan sesuatu bahkan dengan melakukan hal-hal kecil sekalipun.

Setiap pelajaran dalam masa hidup Anda akan membuka pintu kepada penyadaran diri akan ketidakterbatasan Anda. Tidak ada batas bagi welas asih atau kesabaran Anda, tidak juga bagi kesediaan Anda, komitmen, toleransi, atau kantong pemahaman mana pun yang lain yang Anda raih. Anda memiliki izin tak terhingga untuk mengasihi, untuk tumbuh dan untuk ingat semua kebijaksanaan.

Cherie Carter-Scott, Ph. D.
Dalam:
BILA HIDUP SEBUAH PERMAINAN: INILAH ATURANNYA
(Sepuluh Aturan untuk Menghadapi Tantangan Hidup)
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Jakarta, 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesedihan Orang Lanjut Usia

"K esedihan bukan hanya menyangkut kehilangan orang yang dicintai, tapi juga tentang kehilangan kemampuan. Kehilangan apa yang dulu bis...