Jumat, 11 Desember 2015

Proses Kreatif menurut Jim Wheeler

Gambar:korannonstop.com
· Persiapan: untuk melatih berpikir kreatif, Anda harus siap mencari hubungan-hubungan baru: kenalilah kapan ada suatu kesempatan untuk memunculkan jawaban yang kreatif, pahamilah masalah atau kesempatan dari kemungkinan munculnya masalah pada masa mendatang dan dapatkanlah informasi tentang masalah tersebut.

· Memanaskannya (Mulling It Over): tahapan proses kreatif ini dapat membuat orang sangat frustasi. Dalam suatu iklim yang reaktif di mana waktu biasanya penting, keluar dari masalah untuk kemudian memanaskannya sering kali bermasalah karena membutuhkan waktu. Namun, para ilmuwan telah membuktikan bahwa solusi terbaik muncul setelah kita mundur sejenak dari masalah itu.

· Aha! Tahapan ketiga dalam proses kreatif yang membawa pada jawaban baru dan berguna adalah Aha. Di sini kita menghubungkan informasi yang selama ini disimpan dalam memori kita dan solusi yang kita cari muncul seperti kilatan cahaya! Solusi dapat muncul dalam beberapa menit setelah pembahasan masalah, atau mungkin lebih lama.

Memeriksanya: saat solusi muncul, kita harus memeriksa dulu unutuk melihat apakah solusi itu dapat benar-benar berhasil. Beberapa solusi terlalu banyak biayanya atau tidak dapat dipraktikkan. Beberapa solusi masih sangat baru dan berbeda sehingga teknologi yang dibutuhkan masih belum tersedia.

Jim Wheeler
The Power of Innovative Thingking:
Mengoptimalkan Ide-ide Baru dan Kreativitas
Untuk Memperlancar Kesuksesan
PT. Elex Media Komputindo
Jakarta, 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesedihan Orang Lanjut Usia

"K esedihan bukan hanya menyangkut kehilangan orang yang dicintai, tapi juga tentang kehilangan kemampuan. Kehilangan apa yang dulu bis...