Kamis, 10 Desember 2015

Keluarga sebagai Satuan Sosial menurut Soemarno Soedarsono

Gambar:papasemar.com
Bila keluarga bukan instansi pertama, maka lingkungan luar penggantinyalah yang berperan terhadap pembentukan kepribadian individu yang bersangkutan. Karenanya, apabila pada masa kecil seseorang memperoleh pendidikan di luar keluarga, pembentukan pribadi akan dibentuk oleh lingkungan tempat ia hidup, tumbuh dan berkembang.

· Dalam keadaan normal, seorang anak akan dibentuk dan dipengaruhi oleh sikap dan tindakan orang tuanya.

· Terlepas dari masalah kaya atau miskin, bila keluarga memberikan pendidikan yang terbaik dan mencurahi anak dengan kasih saying, maka pola dan system nilai keluarga itulah yang akan melekat pada anak dalam pertumbuhan dan perkembangannya.

· Dalam kehidupan nyata, seorang anak dapat menjadi orang karena dibesarkan oleh keluarga yang berkecukupan dari segi materi. Anak tidak hanya membutuhkan dukungan material, tetapi yang utama adalah pendidikan terbaik.

Barangkali karena itulah masyarakat pemakai bahasa Inggris membedakan kata house dari home. Bila house lebih dikaitkan pada bangunan tempat tinggal, maka home adalah suasananya. Hanya keluarga yang mampu menciptakan suasana nyaman sajalah yang diperkirakan mampu mengestafetkan sistem nilai kepada anggotanya.

Soemarno Soedarsono
Dalam:
Menepis Krisis Identitas
Penyemaian Jati Diri
Strategi Membentuk Pribadi, Keluarga, dan Lingkungan
Menjadi Bangsa yang profesional,
Bermoral dan Berkarakter
PT. Elex Media Komputindo
Jakarta, 1999


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesedihan Orang Lanjut Usia

"K esedihan bukan hanya menyangkut kehilangan orang yang dicintai, tapi juga tentang kehilangan kemampuan. Kehilangan apa yang dulu bis...