Jumat, 17 Juli 2015

Empat Sumber Daya yang Mempengaruhi Pemikiran menurut Jim Wheeler

Gambar: http://www.dakwatuna.com

Sumber daya yang tersedia juga membantu mengendalikan pemikiran Anda, yakni:

·Uang, apakah tersedia cukup uang sehingga Anda dapat mewujudkan visi Anda? Apakah uang itu masuk dalam anggaran? Dapatkah Anda menambahkannya dalam anggaran? Apakah ada sumber daya uang yang lain?

·Waktu, apakah tersedia cukup waktu untuk meraih tujuan Anda? Dapatkah Anda, rekan kerja, atau karyawan Anda mewujudkan visi tanpa harus membuang waktu?

·Orang, apakah orang yang tersedia cukup untuk mewujudkan rencana? Apakah mereka bersedia untuk mengerjakan rencana itu?

·Perlengkapan, apakah Anda memiliki perlengkapan penting yang diperlukan untuk mengerjakan dan mencapai rencana? Apakah untuk menjalankan visi itu membutuhkan atau harus membeli perlengkapan baru?

·Keahlian atau keterampilan, apakah Anda, rekan kerja atau pekerja memiliki pengetahuan dan latihan yang cukup untuk maju dan mencapai visi? Berapa banyak latihan yang dibutuhkan?

Ketika Anda mempertimbangkan semua sumber daya tersebut, berarti Anda berpikir secara strategis. Setiap kali Anda menemukan suatu jawaban yang memuaskan untuk salah satu pertanyaan, Anda mengambil satu langkah ke depan-dan Anda melakukannya dengan menggunakan keterampilan berpikir strategis.

Jim Wheeler
The Power of Innovative Thingking:
Mengoptimalkan Ide-ide Baru dan Kreativitas
Untuk Memperlancar Kesuksesan
PT. Elex Media Komputindo
Jakarta, 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesedihan Orang Lanjut Usia

"K esedihan bukan hanya menyangkut kehilangan orang yang dicintai, tapi juga tentang kehilangan kemampuan. Kehilangan apa yang dulu bis...