Rabu, 26 November 2014

Memaafkan menurut Cherie Carter-Scott, Ph. D.

gambar: infosehattt.blogspot.com
1. Sikap memaafkan adalah tindakan menghapus hutang emosional.

2. Menyimpan dendam memakan energi sangat banyak. Untuk apa menyia-nyiakan energy untuk kemarahan dan kesalahan yang diulur-ulur, sementara Anda bisa memanfaatkan energy itu untuk perkara-perkara yang jauh lebih besar? Bila Anda melepaskan dendam, kesalahan dan kemarahan, Anda menyerap semangat hidup baru dan menciptakan wahana dalam jiwa Anda untuk pertumbuhan.

3. Terus-menerus menghukum diri sendiri hanya menciptakan jurang lebih besar lagi antara diri Anda dengan etika Anda, dan semakin besar jurang itu, semakin besar kemungkinan bahwa Anda akan mengulangi tingkahlaku yang tidak bisa diterima itu. Ingatlah, hati nurani Anda bukan musuh Anda; ia ada untuk mengingatkan Anda agar tetap berada di jalur Anda dan mempertahankan patokan nilai Anda. Perhatikan saja perasaan yang dikirimkannya kepada Anda, timbalah pelajarannya dan lanjutkan hidup Anda.

4. Moralitas adalah menyesuaikan diri dengan norma-norma tentang benar dan salah yang sudah dibentuk oleh masyarakat di mana Anda hidup. Tetapi kode etik tidaklah universal. Tidak ada satu rangkaian petunjuk yang berlaku bagi semua orang di seantero dunia, karena apa yang kita anggap salah dari segi moral dalam satu kebudayaan mungkin bisa diterima dalam kebudayaan lain.

5. Hidup sangat rumit dan penuh dengan “wilayah kelabu”. Setiap dan semua situasi di mana Anda berada di dalamnya, memaksa Anda untuk memilih antara dua hal itu.

6. Bila tingkahlaku Anda keluar mencerminkan kode internal Anda, maka Anda selaras dengan moralitas Anda.

7. Secara naluriah Anda tahu bahwa Anda sudah bertindak salah. Mungkin memang Anda hanya bertanggung jawab kepada diri sendiri tetapi bukankah hati nurani Anda seorang guru yang kuat, kalau Anda mau mendengarkannya?

8. Bila Anda belajar menertawakan kecelakaan-kecelakaan yang menimpa Anda, maka Anda mampu dengna seketika mengubah situasi yang dianggap buruk menjadi kesempatan untuk belajar sesuatu tentang kekonyolan tingkahlaku manusia, terutama tingkahlaku Anda sendiri.

9. Jadi izinkanlah diri Anda tertawa. Anda akan tercengang betapa suatu krisis bisa berubah menjadi komedi bila Anda memasukkan humor ke dalamnya.

Cherie Carter-Scott, Ph. D.
Dalam:
BILA HIDUP SEBUAH PERMAINAN: INILAH ATURANNYA
(Sepuluh Aturan untuk Menghadapi Tantangan Hidup)
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Jakarta, 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesedihan Orang Lanjut Usia

"K esedihan bukan hanya menyangkut kehilangan orang yang dicintai, tapi juga tentang kehilangan kemampuan. Kehilangan apa yang dulu bis...