Rabu, 26 November 2014

Persahabatan menurut J. Donald Walters (Kedua)

gambar: www.mylepak.net
1. Doronglah semangat sahabat-sahabat Anda. Kebiasaan melemahkan semangat mereka adalah seperti membunuh mereka secara perlahan-lahan. Namun, menyemangati mereka atas gagasan-gagasan mereka yang baik adalah seperti memberi mereka kekuatan penyembuhan.

2. Biarkanlah orang lain mengatakan pendapatnya, juga bila Anda tidak setuju. Setelah Anda mendengar semuanya, katakanlah kepada mereka, dengan lembut hati tapi terus terang, apa pendapat Anda.

3. Janganlah bergaul dengan orang-orang karena Anda mengharapkan sesuatu dari mereka. Bergaullah dengan mereka demi diri mereka. Tidak ada seorang pun mau berbaur dengan pencopet.

4. Ungkapkanlah perasaan Anda melalui mata Anda. Janganlah Anda membungkusnya sedemikian sehingga orang harus mengguncang-guncang Anda seperti yang biasa dilakukan bila menerima kado untuk menebak apa isinya.

5. Ungkapkanlah persahabatan Anda melalui nada suara Anda. Suara hangat dapat mengatakan, “Aku cinta kamu,” dengan cara yang lebih baik daripada kata-kata.

6. Jikalau Anda bersama dengan sahabat-sahabat Anda, bersamalah dengan mereka sepenuh hati. Jangan biarkan pandangan mata Anda mengembara memikirkan hal-hal lainnya. Lilin yang berkedap-kedip hanya memberi cahaya yang lemah. Demikian juga, seseorang yang memberi perhatian asal-asalan saja kepada sahabat-sahabatnya akan menciptakan persahabatan yang rapuh.

7. Jangan biarkan perbedaan pendapat mengganggu persahabatan Anda dengan orang lain. Tuluslah terhadap mereka, tidak peduli apa pun yang akan terjadi. Jika mereka bicara kasar kepada Anda, jadilah seperti pohon yang sedang berbunga: setiap kali mereka menyerang Anda, siramilah mereka dengan bunga-bunga kebaikan hati Anda.

J. Donald Walters
Rahasia Kecil Persahabatan
Yogyakarta: Kanisius 2000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesedihan Orang Lanjut Usia

"K esedihan bukan hanya menyangkut kehilangan orang yang dicintai, tapi juga tentang kehilangan kemampuan. Kehilangan apa yang dulu bis...