Rabu, 01 Juli 2015

Manusia dan Faktor Kepemimpinan menurut Soemarno Soedarsono

gambar: www.detanjung.com
· Kepemimpinan adalah perpaduan antara ilmu dan seni memimpin, yang pada hakikatnya merupakan kemampuan dalam mempengaruhi dan memotivasi seseorang atau sekelompok orang, sehingga mereka bersedia dan berkemampuan mencapai sasaran yang diinginkan.

· Di samping wawasan yang efektif, seorang pemimpin sebaiknya juga memiliki kepekaan terhadap lingkungan eksternal maupun internal, visi masa depan, kecekatan dalam menghadapi segala bentuk perubahan, focus perhatian pada implementasi, serta kesabaran dalam mengharapkan hasil.

· Seorang pemimpin diharapkan mampu menduduki jabatan yang dipercayakan kepadanya.

· Seorang pejabat – apa pun jabatannya – baru disebut efektif bila ia juga memiliki akhlak atau karakter yang baik.

· Seorang pemimpin diandaikan mampu memikirkan hal-hal yang benar (think the right things), sementara seorang manajer diharapkan mampu mengerjakan yang harus dikerjakan dengan benar (do the things right).

· Untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, di samping orientasi ke masa depan, seorang pemimpin secara mutlak disyaratkan memiliki kompetensi dan karakter.

· Dalam ilmu kepemimpinan tingkat menengah ke atas dikenal istilah Visionary Leadership (kepemimpinan yang berdasarkan visi/pandangan ke depan). Maksudnya, semakin rendah tingkat kepemimpinan seseorang, semakin terbatas pula tantangan dan pandangan ke depannya.

· Tanpa visi ke depan yang berbobot, seorang pemimpin tidak akan mampu menampilkan kepemimpinannnya. Di samping merupakan penunjang sukses jangka panjang, visi adalah mesin penggerak ampuh untuk mengarahkan suatu organisasi ke tingkat yang lebih tinggi.

Sebelum berkeinginan menjadi seorang pemimpin yang baik, terlebih dahulu bersedialah untuk mau dipimpin, dan lakukanlah hal itu dengan sebaik-baiknya.

Soemarno Soedarsono
Dalam:
Menepis Krisis Identitas
Penyemaian Jati Diri
Strategi Membentuk Pribadi, Keluarga, dan Lingkungan
Menjadi Bangsa yang profesional,
Bermoral dan Berkarakter
PT. Elex Media Komputindo
Jakarta, 1999

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kesedihan Orang Lanjut Usia

"K esedihan bukan hanya menyangkut kehilangan orang yang dicintai, tapi juga tentang kehilangan kemampuan. Kehilangan apa yang dulu bis...